Jumat, 13 Maret 2009

TIPS BERBAKTI KEPADA ORANGTUA Jul 13, '07 8:28 PM
for everyone



Adikku, ingin disayang Allah dan Rasul-Nya? Berbaktilah kepada kedua orang tua kalian. Berikut contoh-contoh praktis bentuk berbakti kepada orang tua …
Bergaul dengan keduanya dengan cara yang baik. Di dalam hadits Nabi j disebutkan bahwa memberi kegembiraan kepada seseorang mukmin termasuk shodaqoh, lebih utama lagi kalau memberi kegembiraan kepada orang tua kita. 
Berkata kepada keduanya dengan perkataan yang lemah lembut. Hendaknya dibedakan berbicara kepada kedua orang tua dengan kepada anak, teman atau dengan yang lain. Berbeicara dengan perkataan yang mulia kepada kedua orang tua. 
Tawadhu’ (rendah diri). Tidak boleh kibr (sombong) apabila sudah meraih sukses atau memenuhi jabatan di dunia, karena sewaktu lahir kita berada dalam keadaan hina dan membutuhkan pertolongan dengan memberi makan, minum, pakaian dan semuanya. 
Memberi infaq (shodaqoh) kepada kedua orang tua. Semua harta kita adalah milik orang tua. 
Mendoakan kedua orang tua. Sebagaimana ayat: (artinya) Wahai robb-ku, kasihilah keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidikku sewaktu kecil. Seandainya orang tua masih berbuat syirik serta bid’ah, kita tetap harus berlaku lemah lembut kepada keduanya. 

Ditulis secara ringkas dari tulisan Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas dalam buletin Al-Hujjah, Mataram ed. 56/IV/rabi;ul Akhi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar